Jumat, 04 Mei 2012

Lagi belajar bahasa Thailand

Sawasde kha
Hallo, saya mau curhat sedikit. Tumben ya saya curhat, biasanya saya nggak suka lho. hehe
Udah -kalo nggak salah- sebulan belakangan ini saya lagi belajar bahasa Thailand. Katanya sih gampang, nggak kaya bahasa Inggris yang bahasanya dibolak balik. Tapi segampang-gampangnya kata orang buat saya itu susah.
Saya belum belajar ngomong sih, masih dalam tahap mengartikan. Soalnya bahasa Thailand itu bernada jadi kalo salah nada bisa beda arti. Udah dapet referensi dari internet yang sekalian mengajarkan nada-nada berbicara bahasa Thai, tapi kok ya kebetulan speaker komputer saya rusak jadi ngomong bahasa Thai nya ditunda dulu

Apa susahnya Bahasa Thailand?
Karena disini saya nggak punya guru yang paten yang berhadapan langsung dengan saya alias cari-cari dari beberapa sumber di internet jadi kadang-kadang penulisan kata Thai dalam huruf alfabet berbeda-beda. Disitulah letak kesulitannya. saya jadi agak bingung buat nulisnya.
Terus juga cara ngomongnya susah. Thailand itu punya lima nada dalam pengucapannya. salah nada beda arti, lebih enak kalo ada gurunya langsung jadi kalo salah bisa dibenerin.
Dan ini yang paling susah. Nulis aksara Thai. Susahnya setengah mati. Huruf Thai itu bentuknya keriting-keriting jadi kalo nulis biar bagus latian dulu sampe tangan keriting.

Metode belajar bahasa Thailand
Disini saya biasanya cari-cari arti kata bahasa Thai. Terus tiap malem mau tidur dibaca, diafalin juga. Entar besok pagi praktek ngomong di depan temen. Belum bisa nadanya nggak papa kan yang dengerin nggak bisa bahasa Thai jadi santai, hehe. Kadang-kadang saya ada percakapan kecil sama temen saya. tapi dia pake bahasa jerman (kadang-kadang bahasa polandia, tergantung suasana hati) dan saya pake bahasa Thailand. Jadi setelah dia nanya pake bahasa Jerman terus dia nyebutin artinya, ntar saya jawab pake bahasa Thai terus saya nyebutin artinya.
Sering malah kita kalo lagi ngomong nggak nyambung. dia tanyanya apa, aku jawabnya lain. hehe. sama-sama belum fasih. dan saya suka niruin kata-kata dalam film Thai (padahal nggak tau artinya) terus ntar dia nyebutin lirik lagu bahasa jerman. Ya namanya juga pelajar jadi musti banyak belajar

Motivasi belajar bahasa Thailand
PCHY PCHY PCHY. Saya suka Thailand gara-gara Pchy. makanya sekarang saya giat belajar biar ntar siapa tau saya bisa pergi ke Thailand terus bisa ketemu sama Pchy, amin. Saya juga mau mengasah kemampuan berbahasa saya soalnya saya nggak terlalu bisa bahasa Inggris.
Pchy



 Ini dia alasan utama saya belajar bahasa Thailand. Sekarang saya kasih fotonya satu. Ntar -kalo nggak males- bakal saya posting info sama foto-fotonya dia yang -subhanallah- ganteng banget






Yaudah Dinda, semangat. Semoga bisa menguasai bahasa Thailand dengan baik. Amin.
Sekian dari saya. Makasi
Khob Khun Kha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar